Partisipasi Politik

Your comment You are on Karya Tulis Edit posts?
BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang
Pemilihan Umum (Pemilu) adalah proses memilih orang untuk mengisi jabatan-jabatan politik tertentu. Jabatan-jabatan tersebut antara lain presiden, wakil rakyat di berbagai pemerintahan, sampai kepala desa. Pemilihan ketua OSIS dan ketua kelas juga dapat disebut dengan pemilu karena didalamnya terdapat usaha untuk mempengaruhi rakyat secara persuasif (tidak memaksa). 
Pemilihan Umum (Pemilu) tidak akan berhasil tanpa adanya partisipasi masyarakat dalam politik yakni memilih presiden, wakil rakyat di berbagai pemerintahan, dan kepala desa. Mengingat pelaksanaan demokrasi Indonesia saat ini sedang berjalan menuju demokrasi yang dewasa, dimana rakyat sebagai pemegang kekuasaan tertinggi tampak terlihat jelas. Partisipasi masyarakat dalam politik mennjukkan bahwa demokrasi semakin tampak di Indonesia.
Partisipasi politik masyarakat merupakan salah satu bentuk aktualisasi dari proses demokratisasi. Keinginan ini menjadi sangat penting bagi masyarakat dalam proses pembangunan politik bagi negara-negara berkembang seperti di Indonesia , karena didalamnya ada hak dan kewajiban masyarakat yang dapat dilakukan salah satunya adalah berlangsung dimana proses pemilihan kepala negara sampai dengan walikota dan bupati dilakukan secara langsung. Sistem seperti ini membuka membuka ruang dan membawa masyarakat untuk terlibat langsung dalam proses tersebut.
Dalam Pemilu (pemilihan umum) baik Pileg (pemilihan legislatif), Pilpres (pemilihan presiden), maupun Pilkada (pemilihan kepala daerah) peran serta keikutsertaan masyarakat sangat penting, karena sukses atau tidaknya pelaksanaan Pemilu salah satunya adalah ditentukan bagaimana partisipasi masyarakat dalam menggunakan hak pilihnya pada Pemilu tersebut. Oleh karena itu masyarakat harus menyadari peranan mereka dalam memberikan kontribusi sebagai insan politik. Dalam hal ini peranan meliputi pemberian suara, kegiatan menghadiri kampanye srta aksi demonstrasi karena sikap dan prilaku masyarakat dalam kegiatan politik berupa pemberian suara dan kegiatan kampanye merupakan parameter dalam mengetahui tingkat kesadaran partisipasi politik warga masyarakat.

Berbicara masalah partisipasi masyarakat dalam Pemilu tidak bisa dilupakan hubungannya dengan kelompok masyarakat yang tidak menggunakan haknya untuk memilih atau dalam bahasa populernya Golput. Masalah Golongan Putih (Golput) sering menjadi wacana yang hangat dan krusial. Sebenarnya masalah Golput merupakan fenomena yang alamiah setiap penyelenggaraan pemilu dimanapun. Hampir setiap Pemilu jumlah Golput selalu ada bahkan ada kecendrungan meningkat walaupun tidak terlalu signifikan. Salah satu tantangan yang dihadapi dalam penyelenggaraan Pemilu di tanah air dewasa ini adalah menurunnya tingkat partisipasi masyarakat.
Kondisi itu setidaknya dapat dilihat dari beberapa hasil pelaksanaan pemilu legislatif (pileg) sebelumnya, yaitu Pemilu 1999 dengan tingkat partisipasi politik masyarakat sebesar 92.74 persen (%), kemudian Pemilu 2004 sebesar 84.07 persen (%), sedangkan pada Pemilu 2009 tingkat partisipasi masyarakat terus menurun yakni sebesar 71 persen (%). Secara konsisten rata-rata penurunan dar tiga periode pemilu tersebut sebesar kurang lebih 10 persen (%). Adapun menurut CSIS dan lembaga survei Cyrus Network dengan menggunakan metode perhitungan cepat menyebutkan bahwa tingkat partisipasi pemilih pada Pemilu 2014 sebesar 75,2 persen (%). Sementara yang tidak menggunakan hak pilihnya mencapai 24.8 persen (%). Itu berarti bahwa ada peningkatan yang tidak signifikan pada Pemilu 2014 yaitu sebesar 4.2 persen (%) dari Pemilu 2009.
Berdasarkan uraian diatas, maka penulis tartarik untuk membuat sebuah karya tulis dengan judul “Peningkatan Partisipasi Politik Masyarakat Melalui Strategi Pemilu yang Asyik dan Menyenangkan.”

B. Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang diatas, maka secara umum masalah dalam karya tulis ini adalah Bagaimanakah Peningkatan Partisipasi Politik Masyarakat Melalui Strategi Pemilu yang Asyik dan Menyenangkan ?
1. Bagaimana konsisi Pemilu di Indonesia saat ini ?
2. Apa saja penyebab rendahnya partisipasi politik masyarakat ?
3. Bagaimana upaya membangun partisipasi politik yang asyik dan menyenangkan ?

C. Metode Penulisan
Metode yang digunakan digunakan dalam penulisan karya tulis ini adalah :
1. Metode Pustaka
Metode Pustaka yaitu metode yang dilakukan dengan mempelajari dan mengumpulkan data dari pustaka yang berhubungan dengan alat, baik berupa buku maupun informasi di internet.
2. Metode Deskriptif Analitik
Metode Deskriptif Analitik yaitu metode mendeskripsikan dan menganalisa literature atau buku sebagai tambahan dalam kajian terhadap objek yang ditulis.


BAB II
TINJAUAN PUSTAKA

A. Pengertian Partisipasi Politik
Sebelum mendefinisikan partisipasi politik secara komprehensif, terlebih dahulu mendefinisikan secara kosa kata. Ada dua kosa kata yaitu partisipasi dan politik. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, partisipasi adalah perihal turut berperan serta dalam suatu kegiatan, keikutsertaan, dan peran serta. Sedangkan politik adalah pengetahuan mengenai ketatanegaraan atau kenegaraan (seperti tentang sistem pemerintahan dan dasar pemerintahan).
Budiardjo (2009:367) menyatakan partisipasi politik adalah kegiatan seseorang atau kelompok orang untuk ikut serta secara aktif dalam kehidupan politik, antara lain dengan jalan memilih pimpinan negara dan secara langsungatau tidak langsung mempengaruhi kebijakan pemerintah (public policy). Dengan demikian, partisipasi politik erat kaitannya dengan kesadaran politik, karena semakin sadar bahwa dirinya diperintah orang kemudian menuntut diberikan hak bersuara dalam penyelenggaraan pemerintah.

B. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Partisipasi Politik
Menurut Milbarth ada empat faktor yang menyebabkan orang berpartisipasi dalam kehidupan politik yaitu :
1. Karena adanya perangsang, maka orang mau berpartisipasi dalam kehidupan politik.
2. Karena faktor karateristik pribadi seseorang. Orang yang mempunyai jiwa, watak/kepedulian sosial yang besar terhadap problem sosial, politik, ekonomi, dan lainnya, biasanya mau terlibat dalam aktivitas politik.
3. Faktor karakter sosial seseorang, yaitu menyangkut status sosial ekonomi, kelompok ras, etnis dan agama seseorang.
4. Faktor situsasi atau lingkungan politik itu sendiri. (artikel-makalah-belajar.blogspot.com/2012/01/partisipasi-politik.html)

C. Fungsi Partisipasi Politik
Sebagai suatu tindakan atau aktivitas baik secara individual maupun kelompok, partisipasi politik memiliki beberapa fungsi.  Robert lane (rush and althof, 1990:181-182) dalam studinya tentang ketertiban politik, menemukan empat fungsi partisipasi politik bagi individu-individu yakni:
1. Sebagai sarana untuk mengejar kebutuhan ekonomis.
2. Sebagai sarana untuk memuaskan suatu kebutuhan bagi penyesuaian social.
3. Sebagai sarana untuk mengejar nilai-nilai khusus.
4. Sebagai sarana untuk memenuhi kebutuhan alam bawah sadar dan kebutuhan psikologis tertentu.
Dari sisi lain, arbit sanit memandang ada 3 fungsi partisipasi politik yaitu
1. Memberikan dukungan kepada penguasa dan pemerintah yang di bentuknya.
2. Sebagai usaha untuk menunjukkan kelemahan dan kekurangan pemerintah.
3. Sebagai tantangan terhadap penguasa dengan maksud menjatuhkan.

D. Bentuk Partisipasi Politik
Jika mode partisipasi politik bersumber pada faktor “kebiasaan” partisipasi politik di suatu zaman, maka bentuk partisipasi politik mengacu pada wujud nyata kegiatan politik tersebut. Samuel P. Huntington dan Joan Nelson membagi bentuk-bentuk partisipasi politik menjadi:
1. Kegiatan Pemilihan
2. Lobby
3. Kegiatan Organisasi
4. Contacting, dan 
5. Tindakan Kekerasan (violence) (http://handikap60.blogspot.com/2013/03/bentuk-bentuk-partisipasi-politik.html)

BAB III
PEMBAHASAN

A. Kondisi Pemilu di Indonesia
Pelaksanaan Pemilu di Indonesia sudah berlangsung sejak lama yakni dimulai pada tahun 1966 untuk pertama kalinya.  Setiap pelaksanaan Pemilu sudah pasti tidak terlepas dari kelemahan dan kekurangan seperti adanya pelanggaran pemilu, rendahnya partisipasi politik masyarakat atau lebih dikenal dengan sebutan “Golput” dan masalah-masalah lain dalam penyelenggaraan Pemilu. Namun itulah tantangan yang harus segera diselesaikan oleh elit-elit partai politik dan para penguasa.
Perubahan politik besar yang terjadi pada tahun 1998 yang ditandai oleh lengsernya Presiden Soeharto mempunyai implikasi yang luas, salah satu diantaranya adalah kembalinya demokrasi dalam kehidupan politik nasional. Pemilu yang betul-betul LUBER berlangsung pada tahun 1999 dan diikuti oleh 48 parpol. Jatuhnya rezim Soeharto pada tahun 1998 yang kemudian digantikan oleh Wakilnya BJ Habiebie memulai babak baru dalam proses demokratisasi di Indonesia. Tidak adanya legitimasi dari para anggota legislative produk pemilu 1997 pada mas Orde Baru mengakibatkan banyaknya tuntutan untuk segera melaksanakan pemilu pada saat itu.
Selama pemerintahan Orde Baru bangsa Indonesia telah menjalakan Pemilihan Umum, diawali dari tahun 1966 hingga tahun 1997 telah diadakan 6 (enam) kali pemilihan umum secara berkala, yakni berturut-turut dari tahun 1971, tahun 1977, tahun 1982, tahun 1987, tahun 1992 dan tahun 1997, begitu pula pada era reformasi telah diselenggarakan pemilihan umum yang diikuti oleh multipartai tanggal 7 Juni 1999 dan pemilu berikutnya pada tanggal 5 April 2004. Terkait dengan Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden tahun 1999 rakyat hanya memilih mereka di lembaga parlemen, setelah itu barulah anggota MPR yang memilih Presiden dan Wakil Presiden.
Namun yang menjadi permasalahan dari tahun ke tahun setiap pelaksanaan Pemilu adalah rendahnya tingkat partisipasi politik masyarakat. Angka “Golput” pada setiap penyelenggaraan Pemilu terus bertambah rata-rata 10 persen (%). Pada Pileg tahun 1999 angka golput 10,2 persen, pileg 2004 (23,3 persen) dan pada tahun 2009 menjadi 29 persen pemilih yang tidak menggunakan haknya. Sedangkan pada pemilu tahun 2014, angka golput sekitar 24 persen (%), turun sebanyak 5 persen (%) dari pemilu tahun 2009.

B. Penyebab Rendahnya Partisipasi Politik
Menurut analisa penulis, ada beberapa faktor yang menyebabkan rendahnya tingkat partisipasi politik masyarakat yakni :
1. Figur pemimpin yang diajukan dalam suatu pesta demokrasi kurang berkenan di hati pemilih. Akibatnya masyarakat enggan untuk berpartisipasi dalam menyukseskan penyelenggaraan pemilihan umum, apalagi banyak figur pemimpin yang sudah terbukti terjerat kasus korupsi dan suap-menyuap.
2. Pemilih mulai jenuh dengan proses demokrasi lima tahunan yang tidak membawa perubahan bagi kehidupan rakyat. Hal ini terbukti dengan hasil pemilu legislatif tahun 2014 yang menghukum partai penguasa dengan hanya mendapatkan 10 persen (%) suara. Salah satunya diakibatkan karena ketidakpuasan masyarakat terhadap pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono yang juga merupakan Ketua Umum Partai Demokrat. 
3. Pemilihan umum (Pilkada, Pemilu Legislatif dan Pemilu Presiden) tidak lagi dipandang rakyat pemilih sebagai sesuatu yang prioritas atau sangat diperlukan dalam membangun kehidupannya sehari-hari. Masyarakat merasa bahwa ada atau tidak adanya pemilu tidak akan merubah nasibnya jika tidak berusaha sendiri. Karena sudah sebanyak 11 kali penyelenggaraan Pemilu, namun tidak ada kemajuan perekonomian masyarakat secara signifikan. Itu berarti output dari Pemilu setiap 5 tahun tersebut tidak membawa dampak positif secara signifikan bagi masyarakat.
4. Adanya pemahaman bahwa memilih adalah sebuah hak dan bukan kewajiban. Karena memilih adalah hak setiap masyarakat, maka masyarakat bisa menggunakannya dan bisa pula tidak menggunakannya karena tidak ada konsekuensi hukum yang melarangnya. Dalam kondisi seperti ini, kita tidak bisa mempersalahkan orang mengapa tidak menggunakan hak politik, karena memilih bukan kewajiban dan ada hal yang lebih penting seperti rutinitas ekonomi yang harus mereka jalani, bukan berpolitik.
5. Perilaku elit partai dan anggota dewan yang cenderung negatif menjadi salah satu penyebab rendahnya tingkat partisipasi politik masyarakat. Masyarakat merasa kecewa dengan para wakilnya yang sering berbuat tidak baik seperti berbuat asusila, tidur saat rapat, penyalahgunaan wewenang, korupsi dan lain sebagainya. Sebagian besar masyarakat merasa dikhianati oleh para wakilnya di parlemen karena janji-janjinya saat kampanye tidak pernah ditepati.
6. Tidak terdaftar sebagai Daftar Pemilih Tetap (DPT). Permasalahan DPT di setiap penyelenggaraan pemilu selalu menjadi masalah yang tidak kunjung selesai. Masih banyak masyarakat yang tidak terdaftar sebagai daftar pemilih tetap di tempat mereka berada sehingga terpaksa menggunakan KTP bagi mereka yang mau. Namun jika sudah tidak mendapatkan undangan, masyarakat kebanyakan merasa malas untuk memberikan hak pilihnya.
C. Upaya Membangun Partisipasi Politik
Pembangunan yang berjalan sekian tahun lamanya tidak hanya menyangkut salah satu atau beberapa sektor kehidupan saja. Banyak sedikitnya setiap sektor itu berkaitan satu sama lain dalam imbangan bobot pengaruh tertentu maka pertumbuhan tiap sektor tersebut tentulah perlu mendapat perhatian. Jika dipahami adanya perbedaan keseirnbangan pertumbuhan antar sektoral di setiap tahapan pembangunan, dengan sendirinya dihayati hakekat hubungan pembangunan antar sektoral dalam masa stabilisasi. Itu berarti bahwa imbangan pertumbuhan antarsektoral di masa persiapan kerangka tinggal landas ini perlu dipersiapkan melalui pendinamisasian perimbangan pertumbuhan di masa stabilisasi yang lain.
Dalam kaitannya dengan pembangunan politik, kerangka pemikiran tersebut tentulah menganjurkan adanya sikap, perhatian dan strategi baru yang selaras dengan tingkat dan kebutuhan pembangunan itu sendiri. Sebagai bagian dari hak asasi, hak politik pun diberikan kepada setiap orang tanpa membedakannya atas dasar apa pun. Hak tersebut juga dipunyai oleh kelompok tanpa membedakan besar dan tingkatannya. Salah satu wujud dari hak politik ialah keikutsertaan atau partisipasi politik individu ataupun kelompok di dalam proses politik. Sekali pun begitu tidaklah dapat dikatakan bahwa setiap partisipasi warga masyarakat di dalam kegiatan politik dapat dikatakan sebagai partisipasi politik.
Melihat kebutuhan akan sumbangan dunia politik yang mampu mengimbangi kekuatan ekonomi di dalam menghadapi tinggal landas pembangunan dan menilik pula impak pola partisipasi politik kepada kemajuan politik dewasa ini, maka dianggap sudah pada waktunya untuk memikirkan dan memulai pembaruan politik secara mendasar. Salah satu dari masalah dasar pembangunan politik ialah partisipasi politik. Adapun pembangunan partisipasi politik masyarakat yang paling ideal dilakukan kepada masyarakat adalah pendidikan politik. Namun mengingat kondisi partisipasi politik sekarang yang terkesan dipaksakan dengan banyaknya pelaku “Money Politic” oleh sebagian partai-partai politik demi mendapatkan sebuah kemenangan, dan juga mengingat faktor-faktor yang mempengaruhi rendahnya partisipasi politik masyarakat, maka perlu dilakukan strategi pembaharuan yang efektif dan inovatif agar dapat merangsang dan membangkitkan kesadaran akan pentingnya berpartisipasi dalam dunia perpolitikan di Indonesia.
Adapun strategi yang efektif dan inovatif yang dapat merangsang dan membangkitkan kesadaran partisipasi politik terbagi ke dalam bentuk-bentuk partisipasi politik yakni kegiatan pemilihan, lobby, kegiatan organisasi, contacting, dan tindakan kekerasan. Mengingat banyaknya bentuk-bentuk partisipasi politik, maka penulis hanya akan membahas bagaimana membangkitkan partisipasi politik masyarakat dalam bentuk pemilihan saja, karena yang menjadi permasalahan sekarang dalam dunia perpolitikan di Indonesia yang menganut sistem demokrasi adalah rendahnya tingkat partisipasi politik masyarakat dalam memberikan hak suaranya dalam pelaksanaan pemilihan umum.
Oleh karena itu, penulis memberikan saran dan pemikiran yang kreatif dan inovatif dalam rangka membangkitkan partisipasi masyarakat dalam memberikan hak suaranya pada pemilihan umum di Indonesia. Usaha-usaha tersebut adalah sebagai berikut :
1. Membagikan Hadiah Menarik
Salah satu usaha yang dapat dilakukan untuk meningkatkan partisipasi politik masyarakat adalah dengan membagikan door prize untuk warga masyarakat yang telah menyalurkan hak suaranya. Hadiah yang disiapkan dalam penarikan undian pada pelaksanaan pemilihan umum tersebut dapat berupa barang menarik dan bermanfaat bagi masyarakat seperti perabotan rumah tangga, perlengkapan sekolah bagi pemilih pemula yang masih berstatus pelajar dan lain sebagainya yang sesuai dengan kondisi masyarakat setempat.
Hadiah tersebut diberikan dengan menggunakan sistem undian. Setiap warga masyarakat yang telah memberikan hak suaranya, maka berhak untuk mendapatkan satu buah kupon yang dapat ditukarkan dengan hadiah menarik jika mereka beruntung. Agar lebih menarik, hadiah yang diundi tersebut dapat dibungkus menggunakan kertas kado, kemudian disimpan di pintu utama masuk Tempat Pemungutan Suara (TPS) agar menjadi perangsang masyarakat untuk menyalurkan hak suaranya.
2. Pembagian Minuman Gratis
Usaha lain yang dapat dilakukan agar dapat menarik minat masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya pada pemilihan umum adalah dengan memberikan minuman gratis kepada masyarakat seperti minuman dingin/es, kopi, dan lain sebagainya. Hal itu dilakukan mengingat banyaknya warga masyarakat yang merasa bosan ketika menunggu gilirannya dalam menggunakan hak suaranya. Dimulai dari kondisi yang kehausan itulah kemudian masyarakat merasa kurang bersemangat dalam memberikan hak suaranya karena kondisi TPS yang panas dan membosankan, apalagi jika antriannya lama.
Nah, berawal dari kondisi demikian, tidak ada salahnya Panitia Pemungutan Suara (PPS) menyediakan minuman di setiap TPS agar kondisi yang penulis deskripsikan diatas dapat ditanggulangi dan tentunya dapat meningkatkan semangat masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya. Penulis optimis, antusiasme warga masyarakat untuk berpartisipasi dalam pemilihan umum meningkat dengan pembagian minuman gratis di Tempat Pemungutan Suara (TPS).
3. Menyediakan Panggung Hiburan
Selain Pembagian hadiah dan pembagian kopi gratis, strategi yang efektif dan inovatif juga dapat dilakukan dengan cara menyediakan panggung hiburan bagi masyarakat di Tempat Pemungutan Suara (TPS). Panggung hiburan tersebut tentunya disesuaikan dengan kondisi masyarakat setempat, adat isitiadat setempat dan lain sebagainya. Misalnya di daerah pedalaman Kalimantan Barat yang mayoritas berasal dari suku Dayak, maka dapat disediakan panggung hiburan berupa tarian adat, dan hiburan lain yang erat kaitannya dengan budaya suku Dayak.
Adapun sistemnya adalah setiap pengunjung yang ingin menyaksikan panggung hiburan tersebut, wajib menggunakan hak pilihnya terlebih dahulu. Jadi, Tempat Pemungutan Suara (TPS) menjadi pintu masuk utama sebelum masyarakat menyaksikan hiburan yang disediakan oleh Panitia Pemungutan Suara (PPS). Dengan kata lain bahwa menggunakan hak pilih menjadi tiket untuk menyaksikan panggung hiburan dan tentunya dibuktikan dengan celupan tinta pemilu di jarinya. Selain meningkatkan partisipasi masyarakat dalam menggunakan hak pilihnya, panggung hiburan ini juga dapat menumbuhkan kecintaan kita kepada budaya daerah masing-masing.
4. Peran Media Massa
Penggunaan strategi-strategi seperi pembagian undian, pembagian minuman gratis, dan panggung hiburan adalah strategi yang efektif dan inovatif. Namun semua itu tidak akan terselenggara secara efektif jika tidak adanya kerjasama media massa dalam menyosialisasikan pemilihan umum seperti pemilihan umum legislatif. Namun yang terjadi sekarang adalah kebanyakan media massa lebih aktif membahas masalah figur-figur yang menjadi bakal calon presiden yang dinilai lebih menarik. Seharusnya media massa bisa lebih cermat dalam memberitakan hal-hal yang berkaitan dengan pemilihan umum.
Jika saat menjelang pemilihan umum legislatif, maka media harus lebih gencar menyosialisasikan pemilu legislatif, begitu juga saat menjelang pemilu presiden. Intinya media massa harus fokus pada pemilu yang terdekat seperti pemilu legislatif atau pemilu presiden. KPU juga harus melakukan sosialisasi dan kampanye mengenai tata cara memilih yang benar kepada masyarakat untuk mengurangi jumlah surat suara yang rusak dan dianggap tidak sah. Di sisi lainnya, media massa dan berbagai lembaga pemantau pemilu juga harus menyosialisasikan rekam jejak para caleg, serta mengawasi jalannya pemilu.
Jika salah satu bahkan semuanya dapat dilakukan dengan baik, maka bukan tidak mungkin tingkat partisipasi masyarakat dalam memberikan hak pilihnya akan meningkat. Adapun mengenai pembagian hadiah, minuman gratis, dan panggung hiburan bukan berasal dari para peserta pemilu, namun semua itu disediakan dan menjadi program Komisi Pemilihan Umum. Membiayai strategi tersebut dinilai lebih efektif jika dibandingkan dengan pengucuran anggaran untuk saksi partai politik yang cenderung menciderai hati rakyat.




BAB III
PENUTUP

A. Kesimpulan
Pelaksanaan Pemilu di Indonesia sudah berlangsung sejak lama yakni dimulai pada tahun 1966 untuk pertama kalinya.  Setiap pelaksanaan Pemilu sudah pasti tidak terlepas dari kelemahan dan kekurangan seperti adanya pelanggaran pemilu, rendahnya partisipasi politik masyarakat atau lebih dikenal dengan sebutan “Golput” dan masalah-masalah lain dalam penyelenggaraan Pemilu. Namun itulah tantangan yang harus segera diselesaikan oleh elit-elit partai politik dan para penguasa.
Partisipasi politik adalah kegiatan warganegara yang bertujuan untuk mempengaruhi pengambilan keputusan politik. Partisipasi politik dilakukan orang dalam posisinya sebagai warganegara, bukan politikus ataupun pegawai negeri dan sifat partisipasi politik ini adalah sukarela, bukan dimobilisasi oleh negara ataupun partai yang berkuasa. Berbicara mengenai partisipasi politik, tidak pernah lepas dari rendahnya partisipasi masyarakat dalam menggunakan hak pilihnya.
Adapun penyebab rendahnya partisipasi politik masyarakat diantaranya adalah  Figur pemimpin yang diajukan dalam suatu pesta demokrasi kurang berkenan di hati pemilih, pemilih mulai jenuh dengan proses demokrasi lima tahunan yang tidak membawa perubahan bagi kehidupan rakyat, Pemilihan Umum (Pilkada, Pemilu Legislatif dan Pemilu Presiden) tidak lagi dipandang rakyat pemilih sebagai sesuatu yang prioritas atau sangat diperlukan dalam membangun kehidupannya sehari-hari, Adanya pemahaman bahwa memilih adalah sebuah hak dan bukan kewajiban, Perilaku elit partai dan anggota dewan yang cenderung negatif menjadi salah satu penyebab rendahnya tingkat partisipasi politik masyarakat, dan tidak terdaftar sebagai Daftar Pemilih Tetap (DPT).
Melihat penyebab rendahnya partisipasi masyarakat tersebut, maka perlu dilakukan usaha-usaha untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam menggunakan hak pilihnya. Adapun usaha-usaha yang bisa dilakukan adalah seperti pembagian hadiah melalui kupon door prize bagi masyarakat yang telah menggunakan hak pilihnya, membagikan minuman gratis kepada masyarakat saat mengantri giliran menggunakan hak pilihnya, menyediakan panggung hiburan bagi masyarakat yang menggunakan hak pilihnya agar menarik keinginan warga dalam menggunakan hak pilihnya, dan yang terakhir yaitu peran serta media massa dalam menyosialisasikan pemilu baik pemilu legislatif maupun presiden.

B. Saran
1. Persiapan dalam menghadapi Pemilihan Umum (Pemilu) harus dilakukan secepatnya agar proses sosialisasi dapat dilaksanakan lebih maksimal dan matang.
2. Media massa adalah sesuatu yang selalu bersinggungan dengan masyarakat, oleh karena itu, pemerintah harus bersama-sama Komisi Pemilihan Umum (KPU) harus selalu menyosialisasikan Pemilu di media massa baik cetak maupun elektronik agar dapat menekan tingginya angka “Golput”.
3. Pemerintah harus dapat menyiapkan strategi yang efektif dan inovatif untuk dapat meningkatkan partisipasi masyarakat dalam menggunakan hak pilihnya dalam pemilihan umum legislatif dan pemilihan umum presiden.
4. Pemerintah harus dapat memaksimalkan fungsi penyelenggara pemilu baik KPU maupun Bawaslu agar dapat menekan lajunya pertumbuhan pelanggaran pemilu dan agar pemilu dapat berlangsung dengan jujur dan adil.
« Previous
 
Next »
 

0 komentar:

Your comment / Partisipasi Politik

Komentar Anda Sangat Bermanfaat Bagi Khazanah Ilmu Pengetahuan