Mistisme (Psikologi Agama)

Your comment You are on Ilmu Edit posts?
PEMBAHASAN
MISTISISME
Mistisisme merupakan salah satu sisi dan pokok bahasan dalam psikologi agam. Mistisisme dijumpai dalam semua agama, baik agama teistik (Islam, Kristen dan Yahudi) maupun dikalangan mistik nonteistik (misalnya penganut agama budha). Baik tokoh mistik teistik maupun nonteistik sependapat mengenai arti penting pengalaman yang mereka anggap murni terhadap salah satu aspek realitas, meskipun barangkali mereka berbeda jauh dalam pernyataan verbal yang mereka kemukakan mengenai apa yang mereka persepsi itu (Robert H.Thouless, 1992: 219).
Menurut Prof. Harun Nasution, dalam tulisan orientalis Barat, mistisisme yang dalam Islam adalah tasawuf disebut sufisme. Sebutan ini tidak dikenal dalam agama-agama lain, melainkan khusus untuk sebutan mistisisme Islam (Harun Nasution, 1973:56). Sebagaimana halnya mistisisme, tasawuf atau sufisme mempunyai tujuan memperoleh hubungan langsung dan disadari dengan tuhan, sehingga disadari benar bahwa seseorang berada dihadirat Tuhan. Intisarinya adalah kesadaran akan adanya komunikasi dan dialog antara roh manusia dengan tuhan dengan mengasingkan diri dan berkontemplasi (Harun Nasution, 1973: 56). Kesadaran berada dekat tuhan itu dapat menagmbil bentuk ijtihad, bersatu dengan tuhan.
Ciri khas mistisisme yang pertama kali menarik para ahli psikologi agama adalah kenyataan bahwa pengalaman-pengalaman mistik atau perubahan-perubahan kesadaran yang mencapai puncaknya dalam kondisi yang digamabarkannya  sebagai kemanunggalan. Kondisi ini digambarkan oleh mereka yang mengalami hal itu dirasakan sebagai pengalaman  menyatu dengan Tuhan. Kondisi kesadaran serupa juga dialami oleh tokoh mistik nonteistik (kalangan para penganut Budha). Namun, baik tokoh mistik teistik maupun nonteistik akan sependapat mengenai arti penting pengalamn yang mereka anggap sebagai persepsi murni terhadap salah satu aspek realitas, meskipun barangkali mereka berbeda jauh dalam pernyataan verbal yang mereka gunakan ketika mengemukakan mengenai apa yang mereka persepsikan (Robert H.Thouless, 1992: 219). Kondisi kesadaran mistik seperti ini diperoleh melalui kontemplasi dan pengasingan diri dari kehidupan social.

Dari sudut pandang tokoh mistik itu sendiri, pengasingan diri dan kontemplasi itu adalah dalam upaya menyucikan diri, membersihkan jiwa dari keterikatan akan kenikmatan materi. Kecenderungan yang demikian itu menampilkan sikap yang berbeda dari kehidupan masyarakat umumnya. Penariakn diri dari kehidupan sosial dengan cara mengasingkan diri juga dijumpai pada penderita gangguan jiwa. Ada berbagai kesamaan sikap dan perilaku keagamaan tokoh-tokoh mistik dengan para pengidap gangguan jiwa tersebut, merupakan salah satu fenomena yang menarik para ahli psikologi agama untuk meneliti mistisisme.
Mistisisme dalam kajian psikologi agama dilihat dari hubungan sikap dan perilaku agama dengan gejala kejiwaan yang melatarbekanginya. Jadi bukan dilihat dari asbah tidaknya mistisisme itu berdasarkan pandangan agama masing-masing. Dengan demikian, mistisisme menurut pandangan psikologi agama, hanya terbatas pada upaya untuk mempelajari gejala-gejala kejiwaan tertentu yang terdapat pada tokoh-tokoh mistik tanpa mempersalahkan agama yang mereka anut. Mistisisme merupakan gejala umum yang terlihat dalam kehidupan tokoh-tokoh mistik, baik yang teistik maupun nonteistik.
Kondisi kesadaran akan adanya pengalaman menyatu dengan Tuhan, atau Istilah umum disebut dengan kemanunggalan, ini tampaknya memang sudah dialami tokoh-tokoh mistik zaman kuno. Oleh karena itu, sebelum melangkah kepada pembahasan mengenai mistisisme perlu dilihat latar belakang sejarah perkembangan timbulnya.
1. Sejarah Perkembangan Aliran Kepercayaan
Dalam evolusi system-sistem kepercayaan diuraikan sebagai berikut:
Manusia dan masyarakat hidup dalam dua lingkungan, yaitu lingkungan alam dan lingkungan masyarakat. Lingkungan alam meliputi, benda organis dan anorganis yang hidup di sekitar manusia dan lingkungan masyarakat adalah masa manusia yang berada di sekitarnya.
Dalam kedua macam lingkugan ini manusia mempertahankan dan mengembangkan hidupnya. Bagi manusia yang kurang pengalaman dan pengetahuan terpaksa menyerah dalam mengahadapi keadaan lingkungan ini dan terpaksa menyesuaikan diri dengan kehendak keadaan. Manusia yang demikian itu merupakan manusia yang secara materiil dan spiritual masih berada pada tingkat yang rendah.
Berdasarkan kondisi social budaya yang mereka miliki dicarilah usaha untuk menguasai alam dengan kekuatan gaib sejalan dengan kekuatan alam yang bagi mereka merupakan kekuatan gaib.
Diciptakanlah mantera-mantera yang dianggap sakti untuk menguasai, menagkal atau membinasakan kekuatan gaib alamiah itu. Perkembangan itu melibatkan masyarakat umum dan individu yang bersifat umum berkembang menjadi kultus dan individualis berkembang menjadi perdukunan.
2. Hal-hal Yang Termasuk Mistisisme
a. Ilmu Gaib
Yang termasuk ilmu gaib di sini adalah cara-cara dan maksud menggunakan kekuatan-kekuatan yang diduga ada di alam gaib, yaitu yang tidak dapat diamati oleh rasio dan pengalaman fisik manusia.
Kekuatan-kekuatan gaib ini dipercayai di tempat-tempat tertentu, pada benda-benda (pusaka) ataupun berada dan menjelma dalam tubuh manusia.
Sejalan dengan kepercayaan tersebut timbullah fetisen, tempat keramat dan dukun sebagai wadah dari kekuatan gaib.
Berdasarkan fungsinya kekuatan gaib itu dapat dibagi menjadi:
1. Kekuatan gaib hitam (black-magic), untuk dan mempunyai pengaruh jahat.
2. Kekuatan gaib merah (red-magic), untuk melumpuhkan kekuatan atau kemauan orang lain (bypnotisme).
3. Kekuatan gaib kuning (yellow-magic), untuk praktik occultisme.
4. Kekuatan gaib putih (white-magic), untuk kebaikan.
Dari uraian diatas ilmu gaib memegang peranan dalam keperluan pribadi dan tidak mempunyai makna yang langsung bagi masyarakat umum.
b. Magis
Magis ialah suatu tindakan dengan anggapan, bahwa kekuatan gaib bisa mempengaruhi duniawi secara nonkultus dan nonteknis berdasarkan kenangan dan pengalaman.
Untuk menjelaskan hubungan antara unsur-unsur kebatinan ini kita pertentangkan megis ini dengan masalah lain yang erat hubungannya :
1. Magic dan takhayul
Orang percaya bahwa untuk membunuh seseorang dapat dipergunakan bagian yang berasal dari tubuh orang dimaksud. Misalkan, untuk membunuh munsuh dengan cara membakar rambut atau kukunya.
Tindakan membunuh dengan membakar rambut dan kuku agar seseorang mati (magis) dan penggunaan rambut dan kuku sebagai alat pembunuh (takhayul)
2. Magis dan Ilmu Gaib
Jika kita pergunakan contoh di atas, maka mempercayai kemampuan membunuh dengan menggunakan keampuhan rambut dan kuku melalui suatu proses pengolahan tertentu secara irasional tergolong ilmu gaib.
3. Magis dan Kultus
Jika dihubungkan dengan kultus, maka magis merupakan perbuatan yang dianggap mempunyai kekuatan memaksa kehendak kepada supernatural (Tuhan). Kultus merupakan perbuatan yang terbatas pada mengharap dan mempengaruhi supernatural (Tuhan).
c. Kebatinan
Menurut pendapat Prof.Djojodiguno, S.H. berdasarkan hasil penelitiannya di Indonesia, aliran kebatinan dapat dibedakan menjadi:
1. Golongan yang hendak menggunakan kekuatan gaib untuk melayani berbagai keperluan manusia (ilmu gaib).
2. Golongan yang berusaha untuk mempersatukan jiwa manusia dengan tuhan selama manusia itu masih hidup agar manusia itu dapat merasakan dan mengetahui hidup dialam baqa sebelum manusia itu mengalami mati.
3. Golongan yang berniat mengenal tuhan (selama manusia itu masih hidup) dan menebus dalam rahasia ke-Tuhanan sebagai tempat asal dan kembalinya manusia.
4. Golongan yang berhasrat untuk menempuh budi luhur di dunia serta berusaha menciptakan masyarakat yang saling harga-menghargai dan cinta-mencintai dengan senantiasa mengindahkan perintah-perintah Tuhan.
Ilmukebatinan memberikan ajaran kepada para penganutnya tentang bagaimana mereka harus mengatur hidupnya dan bagaimana mereka masing-masing dapat hidup secara harmonis yang mengandung ketenangan dan rasa damai dengan masyarakat serta dengan tuhannya melalui pengalaman syarat-syarat ilmunya. Selain itu, dalam ilmu kebatinan pelaksanaan syarat-syarat ilmu tergantung dari individu masing-masing.
d. Para Psikologi
Menurut ilmu jiwa, gejala jiwa manusia itu dapat dibagi atas:
1. Gejala jiwa yang normal, yang terdapat pada orang yang normal.
2. Gejala jiwa yang abnormal terdiri dari:
a. Gejala jiwa supranormal, yang terdapat pada tokoh-tokoh pemimpin yang terkenal dan genius.
b. Gejala jiwa paranormal, gejala jiwa yang terdapat pada manusia normal dengan beberapa kelebihan yang menyebabkan beberapa kemampuan berupa gejala-gejala yang terjadi tanpa melaui sebab akibat pancaindra.
c. Gejala jiwa abnormal, gejala jiwa yang menyimpang dari gejala biasa karena beberapa gangguan (sakit jiwa).
Gejala-gejala jiwa paranormal ini dimiliki seseorang berdasarkan anugrah melebihi gejala jiwa orang yang normal, berupa:
1. Kemampuan mengetahui sesuatu peristiwa sebelum terjadi (prognostis): telepati, ramalan, melihat tanpa dengan menggunakan mata, dan lain-lain.
2. Kemampuan perubahan-perubahan tanpa meggunakan kekuatan yang terdapat dalam fisik: pengobatan, stigmatisasi (mengeluarkan darah dari tubuh tanpa merasa sakit), dan lain sebagainya.
e. Aliran Kebatinan dan Schizoprenia
Yang menggerakkan seseorang untuk memasuki aliran kebatinan adalah berbagai motif kejiwaan , misalnya: ingin tahu, rasa tidak aman, kurang percaya kepada diri sendiri ataupun ingin memperdalam ajaran suatu aliran kebatinan. Bagi mereka yang mempunyai predisposisi tertentu kadang-kadang akan mengakibatkan suatu kondisi mental-breakdown.
Akibat psikologis lainnya dari aliran kebatinan dapat berupa :
1. Pemimpin terlalu terlibat secara emosional terhadap pengikutnya: jatuh cinta, free sex, dan lainnya.
2. Pemimpin cenderung untuk membiarkan individu tergantung pada karismanya yang mungkin mengarah kepada kultus individu.
3. Sering terjadi unsur eksploitasi dari pribadi-pribadi yang mengidap paranoida yang ingin menarik simpati.
4. Memungkinkan terjadinya depresi yang menjurus kearah pengorbanan diri dan keinginan bunuh diri (suicide).
5. Memberikan kemungkinan penampungan bagi penderita scbizoprenia dan para pemimpin biasanya tak dapat memberikan psikoterapinya.
Dalam aliran kebatinan dikenal suatu cara meditasi yang mengarah ke kehidupan mistik. Menurut Evelyn Underhill stadium meditasi itu umumnya adalah:
1. Kebangunan diri pribadi kearah realitas ke-Tuhanan. Pada stadium ini individu mengalami eksaltasi dengan kegembiraan yang terlampau.
2. Purgation, yaitu suatu stadium kesediaan dan usaha.
Individu mulai menyadari kemuliaan dan keindahan Tuhan, sehingga menimbulkan kesedihan dirinya. Ia merasa dirinya yang lemah dan tak kuasa. Dengan menghilangkan perasaan itu ia berusaha menghilangkan rintangan itu dengan membenahi diri (self-discipline), dalam bentuk meditasi dan mematikan hawa nafsu.
3. Illumination, yaitu stadium kegembiraan yang sebenarnya menjurus ke satu eksaltasi. Perasaan seakan terlepas dari kehidupan alam fana dan timbul kesadaran akan kehadiran Tuhan. Ketiga stadium ini merupakan awal kehidupan mistik.
4. Purifikasi, yaitu kesempurnaan pribadi. Individu menyadari antara kehadiran Tuhan dengan penyatuan diri dengan Tuhan. Untuk melaksanakan penyatuan diri dengan Tuhan secara sempurna maka ia mematikan dan menghilangkan naluri manusiawi (human instincy) agar tercapai suatu perasaan bahagia.. Dirinya menjadi pasif, keinginan ditekan demikian pula diri dan kepribadiannya. Ahli mistik menamakan stadium ini  dengan penyaliban secara spiritual.
5. Persatuan dan kehidupan absolut
Pada stadium ini individu sudah merasakan dirinya bersatu dengan Tuhan sehingga jiwanya telah memasuki alam yang tak terbatas dan abadi.
Jika dianalisis secara psikologis dan urutan stadium meditasi tersebut tampak gejala-gejala kejiwaan sebagai berikut:
1. Respon terhadap dunia luar menyempit (mengasingkan diri dan konsentrasi jiwa).
2. Timbulnya eksaltasi dan kesedihan yang mendalam.
3. Terdapat gejala disosiasi, halusinasi, dan waham.
4. Terdapat kebekuan dorongan untuk berbuat, hilang kemampuan penerimaan ransangan, dan keinginan untuk menilai keadaan lingkungan.
Ditinjau dari gejala penderita schizophrenia , maka tampak ciri-ciri yang hamper sama. Penderitaan schizophrenia (schizoprenik) mengalami gejala-gejala:
1. Kekaburan individualitas yang disebabkan oleh proses disintegrasi kepribadian. Penderita tak dapat membedakan antara ego dan dunia luar sehingga dalam penghayatan dirinya dan dunia luar menjadi satu.
2. DEngan adanya disintegrasi itu penderita memiliki predisposisi khusus yang cenderung untuk menafsirkan sesuatu yang kadang-kadang irrealistik dan melakukan tindakan yang asocial. Hal ini disebabkan oleh adanya kekacauan psikotis.
3. Timbulnya halusinasi yang menyebabkan terjadinya anxiety yang hebat, sehingga dapat menimbulkan frustrasi dan panicreaction serta perbuatan nekad.
Karena mistik merupakan tindakan kejiwaan dan kepercayaan maka agak sukar untuk membedakan antara perbuatan penganut mistik teistik, mistik kebatinan, dan schizoprenik.
William James dalam bukunya. The varieties of Religious Experience mengemukakan tanda-tanda mistisisme, sebagai berikut:
1. Tak dapat diungkapkan (Ineffability).
2. Intuitif (Neotic quality).
3. Sementara dan cepat (Transiency).
4. Cenderung ke arah kepasifan (Passivity).
f. Tasawuf dan Tarikat
Tasawuf disebut juga mistisisme Islam memperoleh hubungan langsung dan disadari dengan Tuhan, sehingga disadari benar bahwa sesorang berarti di hadirat Tuhan.
Menurut Harun Nasution, intisari dari mistisisme (termasuk tasawuf) ialah kesadaran akan adanya komunikasi dan dialog antara roh manusia dengan Tuhan, dengan cara mengasingkan diri dan berkontemplasi. Kesadaran berada dekat dengan Tuhan itu dapat mengambil bentuk Ijttihad (bersatu dengan Tuhan).
Untuk berada dekat dengan Tuhan orang harus menempuh jalan yang panjang yang berisi stasiun-stasiun yang disebut maqamat. Di antara stasiun-stasiun itu adalah taubat, wara faqir, sabar, tawakal, ridha, mahabbah, ma’rifah, fana, dan baka.
Tarikat pada mulanya diartikan sebagai jalan yang harus dilalui oleh seorang sufi dengan tujuan berada sedekat mungkin (taqqarrub) denga Tuhan. Kemudian tarikat mengandung arti organisasi (tarikat), tiap organisasi tarikat mempunyai syaikh, upacara ritual, dan zikir tersendiri serta nama tersendiri.
Pelaksanaan tarikat itu diantaranya:
1. Zikir, yaitu ingatan yang terus menerus kepada Allah dalam hati, serta menyebut nama-Nya dengan lisan.
2. Rabit, yaitu menyebut kalimat la ilaha illa Allah dengan gaya gerak dan irama tertentu.
3. Muzik, yaitu dalam membaca wirid-wirid diiringi wirid-wiriddan bacaan-bacaan supaya lebih khidmat.
4. Bernapas, yaitu mengatur nafas pada waktu melakukan zikir tertentu.
Tarikat itu pada mulanya adalah tasawuf kemudian berkembang dengan berbagai faham dan aliran yang dibawa oleh para syaikhnya, melembaga menjadi suatu organisasi yang disebut tarikat.
Seperti dikemukakan sebelumnya, bahwa kajian psikologi agama hanya membatasi diri pada menganalisis hubungan antargejala tetapi tidak sampai kepada aspek-aspek kejiwaan yang mendalam dan luhur yang terdapat dalam ajaran agama. Dengan demikian, dari sudut pandang agama, barangkali tesis yang dikemukakan psikologi agama yang secara umum menempatkan  para tokoh mistik setara dengan pengidap gangguan kejiwaan seperti schizophrenia ataupun delusi, hanya karena adanya gejala umum yang hampir sama, tidak sepenuhnya dapat diterima.
PENUTUP
KESIMPULAN
Mistisisme bukanlah merupakan gambaran yang mencerminkan pelarian atau pengunduran diri dari pergaulan dan interaksi social seperti halnya mengidap schizophrenia. Mistisisme bukan hanya semata-mata gejala psikologis, tetapi terdapat muatan keagamaan yang sulit dibuktikan melalui pendekatan empiris. Namun demikian, pendekatan psikologi agama pada batas-batas tertentu telah memberi sumbangan yang berharga terhadap pemahaman sikap keagamaan tokoh-tokoh mistik. Paling tidak dalam kehidupan sehari-hari tak jarang dijumpai kenyataan tentang adanya pengidap gangguan jiwa yang memanfaatkan agama sebagai pengabsah sikap mereka.
Dalam pandangan agama, manusia terdiri atas unsur fisik, jiwa, dan ruh. Fisik atau jasmani terdiri dari unsur materi, yang kebahagiaannya dapat dicapai melalui pemenuhan kebutuhan materi, seperti sandang, pangan, papan maupun pemuasan seksual. Sedangkan, jiwa kebutuhannya akan terpenuhi melalui ilmu pengetahuan. Adapun ruh sebagai unsur Tuhan yang dianugrahkan kepada manusia, akan merasakan kebahagiaannya bila dapat bertemu dengan Sang Penciptanya.
« Previous
 
Next »
 

2 komentar:

Anonim | 30 September 2018 pukul 16.14 ¿Responder? |

mas, izin copas yah
jazakallah

ka ga ada sumbernya kah ?

Your comment / Mistisme (Psikologi Agama)

Komentar Anda Sangat Bermanfaat Bagi Khazanah Ilmu Pengetahuan