Menghitung Kapasitas

Your comment You are on Ilmu Edit posts?
Menghitung kapasitas
       Bit: dalam sistem biner, setiap 0 atau 1 dinamakan satu bit, yaitu singkatan dari “binary digit” (digit biner).
       Byte: sebuah grup yang terdiri dari 8 bit,dan sebuah byte merepresentasikan sebuah karakter, digit, atau nilai. (seperti contoh rangkaian 01000111 melambangkan huruf “G”).
       Terabyte: satu terabyte merepresentasikan 1 trilyun byte, setara dengan tulisan sebanyak 500.000.000 halaman.
       Petabyte: satu petabyte kira-kira sebesar 1 kwadriliun byte (1.048.576 gigabyte). Saat ini kapasitas database modern yang sangat besar dinyatakan dalam petabyte.
       Exabyte: satu exabyte kira-kira sebesar 1 kwantilyun byte – yakni 1 miliar miliar byte (1.024 petabyte atau 1.152.921.504.606.846.976 byte), satuan ini jarang dipakai, diperkirakan, semua materi cetak di sluruh dunia kira-kira sebesar 5 exabyte.

Sebuah Iklan
       Casing Mid-Tower 7-Bay
       Prosesor Intel Pentium 4 2.80 GHz
       DDR2 SDRAM 512 MB 533 MHz.
       1 MB 1.2 cache
       6 port USB 2.0
       Modem Internal 56 Kbps
       Kartu Grafis 3D AGP (64 MB)
       Kartu Suara Sound Blaster Digital
       Hard Drive SATA 160 GB 7200 RPM
       Combo Drive DVD/CD-RW 24X
       Microsoft IntelliMouse
       Monitor Layar Datar 17”
       Printer HP Business Inkjet 1000
Casing Mid-Tower 7-Bay
       Casing merupakan bagian unit sistem yang berupa kotak kosong dan hanya berisi power suplly.
       Sebuah Bay adalah rak atau bukaan yang digunakan untuk memasang peralatan elektronik, seperti DVD Drive.
       Tower adalah casing atau kabinet yang tinggi, sempit, dan dalam (sehingga bisa didudukkan di lantai di samping atau di bawah meja).
       Aslinya Tower yang tinggi (full tower) mempunyai tinggi 24 inci, sedangkan tower mini (micro) dan mid-tower kurang dari separuhnya.
Prosesor Intel Pentium 4; 2,80 GHz
       GHz (gigahertz) satuan ini menunjukkan seberapa cepat mikroposesor dapat memproses data dan mengeksekusi instruksi program.
       Setiap mikroprosesor berisi  sebuah system clock, yang bertugas mengontrol kecepatan semua operasi dalam komputer.
       Gigahertz 1 miliar cycle (detak digital atau “tick”) perdetik.
       Intel Pentium 4 berkecepatan 3,60 GHz atau 3,60 miliar cycle perdetik.

DDR2 SDRAM 512 MB 533 MHz
       Terdapat beberapa jenis chip RAM yang dipakai pada komputer pribadi:
       DRAM (dynamic RAM): Isi RAM jenis pertama ini harus selalu diperbarui oleh CPU. Jika tidak isinya akan hilang.
       SDRAM (synchronous dynamic RAM): SDRAM disinkronisasi oleh system clock dan kecepatannya jauh lebih tinggi daripada DRAM. Pada iklan-iklan komputer, kecepatan SDRAM biasanya dinyatakan dalam megahertz.
Jenis chip RAM
       SRAM ( static RAM): SRAM lebih cepat dibandingkan DRAM dan isinya bisa tetap ada tanpa harus diperbarui oleh CPU.
       DDR-SDRAM (double-data rate SDRAM):jenis keempat ini merupakan jenis RAM terbaru dan yang paling sering dipakai di PC dan komputer Apple. Kecepatannya juga dinyatakan dalam megahertz. 
       Lebih banyak RAM berarti komputer bisa beroperasi lebih efisien dan perangkat lunak pun bisa bekerja makin cepat.
       Memiliki RAM memadai harus menjadi prioritas.
       Contoh, microsoft Office XP membutuhkan minimal RAM 24-64 megabyte, ditambah 8 megabyte untuk setiap aplikasi yang hendak dijalankan.
1 MB L2 Cache
       Karena CPU bekerja jauh lebih cepat dibanding RAM, maka CPU pun lebih sering bersikap menunggu, yang tentu saja tidak efisien. Untuk mengurangi dampak tersebut, ada area yang disebut cache (dibaca “cash”).
       Cache menyimpan instruksi dan data yang sering digunakan komputer secara temporer, sehingga pemrosesan bisa berjalan lebih cepat.
Tiga Macam Cache
       Cache level 1 (L1)-bagian dari chip mikroprosesor: Cache Level 1 (L1) atau cache internal berada di dalam chip prosesor. Berkisar antara 8 – 256 kilobyte,  kapasitas cache L1 lebih kecil daripada cache L2 meskipun cache L1 bekerja lebih cepat.
       Cache level 2 (L2)- bukan merupakan bagian dari chip mikroprosesor: cache level 2 (L2) atau cache eksternal terletak di luar chip prosesor dan terdiri dari chip-chip SRAM.
       Kapasitas cache L2 berkisar antara 64 kilobyte sampai 2 megabyte, ukurannya lebih besar daripada cache L1 (komputer terbaru memiliki minimal cache L2 sebesar 512kilobyte) dan sering digunakan untuk mengukur kinerja PC.
       Cache L3- pada motherboard: cache yang terpisah dari mikroprosesor, cache jenis ini biasanya hanya terdapat pada komputer yang sangat canggih.
6 Port USB 2.0
       Port adalah socket atau jack koneksi yang terletak diluar unit sistem sebagai tempat-tempat kabel yang berbeda ditancapkan.
       Port USB untuk transmisi data hingga 127 periferal dalam rangkaian Daisy Chain secara teoritis, sebuah port USB tunggal mampu menghubungkan lebih dari 127 alat dalam sebuah rangkaian daisy chain.
       Daisy chain berarti bahwa beberapa alat bisa dihubungkan secara seri dengan yang lain.
Tujuan USB; pembuat standar USB berharap banyak agar USB bisa:
       Berharga ringan sehingga dapat digunakan dalam periferal-periferal murah seperti mouse dan kontroler game.
       Menghubungkan banyak perangkat dan mempunyai kecepata yang cukup lumayan sehingga dapat menggantikan semua port berbeda di dalam komputer dengan satu standar port.
       Bersifat “hot swappable” atau “hot pluggable”, yang berarti bahwa perangkat berbasis USB dapat dipasang dan dilepas meski komputer sedang beroperasi.
       Bersifat copot-pasang (plug and play) sehingga perangkat periferal dan kartu-kartu ekspansi bisa terkonfigurasi secara otomatis ketika sedang diinstal untuk mencegah konflik setting.
Kartu Grafis 3D AGP (64 MB)
       Kartu Grafis untuk monitor, yakni berfungsi untuk mengubah sinyal dari komputer menjadi sinyal video yang bisa ditampilkan sebagai gambar di monitor.
       Bus AGP ( accelerated graphics port) bisa mentransmisikan data dua kali lebih cepat daripada bus PCI ( peripheral component interconnect) dan didesain untuk mendukung video dan gambar 3D.
Kartu Suara Sound Blaster Digital
       Kartu suara untuk speaker dan output audio.
       Kartu suara digunakan untuk mengubah dan mentransmisikan suara digital melalui speaker analog, mikrofon,dan headset.
Hard drive SATA 160 GB 7200 RPM
       Spesifikasi kecepatan Hardisk dalam satuan revolusi per detik (rpm) yang berkisar antara 5.400 sampai 7.200 rpm kira-kira setara dengan kecepatan 300 mil per jam.
       EIDE (enhanced integrated drive electronics) mampu mendukung hingga empat buah hardisk yang masing-masing berkapasitas 137 gb.kontoller EIDE dipasarkan dengan istilah SATA (serial advanced technology attachment), versi ini  mentransfer data lebih cepat.


« Previous
 
Next »
 

0 komentar:

Your comment / Menghitung Kapasitas

Komentar Anda Sangat Bermanfaat Bagi Khazanah Ilmu Pengetahuan