Tersedia Berbagai Jenis Rasa di Dinding Facebook

Your comment You are on Artikel dan Opini Edit posts?

Tersedia Berbagai Jenis Rasa di Dinding Facebook

Hadirnya situs jejaring sosial  seperti facebook dan twitter memberi kita kemudahan untuk berekspresi, mengemukakan emosi, dan saling berbagi informasi. Jejaring sosial juga dapat dijadikan sarana untuk menjalin relasi dan mengembangkan bisnis hingga banyak yang sangat bergantung pada jejaring sosial untuk tetap mempertahankan bisnisnya. Jejaring sosial juga dapa dijadikan sarana untuk menjalin komunikasi sesorang yang jaraknya cukup jauh, sehingga mereka dapat melakukan komunikasi seketika itu juga. Jika kita cermati bersama, di dalam dinding facebook terdapat berbagai jenis rasa yang dapat kita nikmati. Rasa apa saja kah yang dimaksud ? silahkan pembaca renungkan sendiri dech, penulis yakin para pembaca lebih memahami daripada penulis, tapi penulis lebih cerdas dari pembaca. wkwkwk
Tidak dapat dipungkiri lagi, sebagian orang menganggap jejaring sosial sebagai teman yang paling setia untuk menemani setiap saat. Tidak hanya kalangan muda saja, tetapi dari anak-anak, remaja, dewasa, hingga orang tua pun sangat terbantu dengan adanya jejaring sosial. Saking menjadi primadona, penulis sering mendengar jika tidak menggunakan facebook maka tidak gaul katanya. Mulai dari anak SD, SMP, SMA, Mahasiswa sampai karyawan dan karyawati mayoritas mempunyai akun di FB. Hanya dengan Facebook dan twitter, kita dapat menjalin hubungan pertemanan dengan siapa saja dan dimana saja dengan mudah dan murah. Dengan adanya facebook, mereka sangat terbantu sekali darpada harus berkunjung untuk bersilaturahim yang membutuhkan waktu dan biaya yang cukup.


Namun dibalik berbagai manfaat yang bisa kita nikmati tersebut, kita juga tidak boleh melupakan aturan main dalam menggunakan jejaring sosial seperti facebook dan twitter. Kita harus pandai-pandai menggunakan facebook untuk hal-hal yang positif karna tidak dapat dipungkiri bahwa kehadiran facebook tersebut membawa dampak positif dan negatif. Adapun dampak positif dari jejaring sosial (facebook dan twitter) adalah seperti yang sudah penulis jelaskan panjang lebar diatas. Sedangkan dampak negtifnya juga tak kalah banyak dan justru lebih berbahaya jika sudah digunakan tidak sesuai dengan aturan.
Tak bisa dipungkiri, Facebook kini menjadi ajang curhat kebablasan para penggunanya. Apa yang anda pikirkan?” Kalimat itu selalu yang ditanyakan Facebook. Karenanya banyak orang tanpa pikir panjang lagi membuang uneg-uneg mereka di tempat itu. Status mereka jadikan tempat untuk mencurahkan segala isi hatinya mulai dari rasa kekesalan, kesedihan, kegembiraan, kecintaan, kebencian dan lain sebagainya. Mereka tidak canggung-canggung meluapkan segala isi hatinya di dinding facebook maupun twitter. Namun mereka tidak sadar bahwa apapun yang kita tulis di facebook itu akan dikonsumsi oleh banyak orang. Ada juga orang yang menuliskan masalah pribadi keluarganya, pasangannnya dan rumah tangganya di facebook yang dapat dibaca jutaan pengguna facebook.
Perlu pula kita ingat, tidak semua masalah harus kita tuliskan di facebook, karena setiap individu pasti mempunyai privasi masing-masing yang sebenarnya harus kita jaga, bukan justru kita umbar-umbarkan di facebook. Seperti masalah rumah tangga misanya, itu bukanlah untuk dikonsumsi publik. Cukuplah antara kita dan istri/suami kita saja yang tahu. Sedapat mungkin kita meminimalisir keingintahuan orang lain tentang gejolak yang terjadi dalam rumah tangga kita. Sekesal dan semarah apapun kita terhadap sesuatu, curhat di media sosial yang dalam hal ini facebook bukanlah pilihan yang tepat. Tak ada manfaat pula masalah kita diketahui publik. Bukankah kita tak ingin orang lain menilai negatif perilaku kita? Jika kita memiliki masalah, sebaiknya mencari seseorang yang kita percaya untuk mendengar keluh kesah kita.

Jika kita banyak mengumbar status-status yang tidak baik dan dari sebagian friends kita membacanya, kita berarti menyebarkan keburukan di dinding teman kita. ini berarti bahwa kita telah menyebarkan keburukan dan pada akhirnya akan berbuah dosa. Setiap membuka halaman facebook, penulis selalu melihat berderet-deret status yang beraneka ragam seperti status galau, status kebencian, dan status lainnya. Namun yang paling banyak penulis temui adalah status galau dan status yang menyinggung orang lain. facebook juga seringkali menimbulkan permusuhan diantara kita, karena tanpa kita sadari, ada orang yang tidak suka atau merasa tersinggung dengan status yang kita buat di dinding facebook. Kalau sudah begini, maka facebook akan selalu mengirimkan dosa dari orang ke orang sehingga kehadiran facebook menjadi malapetaka bagi kita dan menjerumuskan ke limbah nista.

Sebaliknya, jika kita menuliskan status yang baik-baik misalnya tulisan-tulisan motivasi, nasehat, informasi atau berita, dan mempererat silaturahim, dan teman kita membacanya, maka kita berarti menyebarkan kebaikan ke seluruh teman kita. Tentulah perbuatan yang baik (walau hanya tulisan), akan membuahkan hasil yang baik (pahala) bagi yang membacanya. Selain itu, orang pasti akan selalu berfikir positif tentang kita karena status yang kita buat tidak mengundang fitnah dan keburukan. Kalau sudah begini, maka facebook akan menjadi berkah karena manfaat kebaikan yang didapatkan oleh semua pengguna jejaring sosial facebook. Hal yang perlu kita pertimbangkan adalah ternyata apa yang kita tuliskan di status facebook, itulah yang menjadi penilaian orang terhadap diri kita.

 Harapan saya dan para pengguna facebook lainnya adalah jalinan silaturahim yang erat antar teman seperjuangan. Janganlah menebarkan benih perseteruan, permusuhan dan mengumbar status keburukan di facebook, karena hal ini berakibat tidak baik untuk pengguna ataupun teman yang lain. Tetapi tebarkanlah benih-benih persaudaraan dan kasih sayang antar pengguna facebook. InsyaAllah akan memberikan dampak positif dan memberikan manfaat yang luar biasa. Semoga kita bisa bijak memanfaatkan media sosial masuk facebook dan tidak kebablasan menuliskan curhat dan status yang tidak bermanfaat lainnya. Mari kita hiasi dinding facebook dengan berbagai rasa yang manis sehingga membawa manfaat bagi psikis dan rohani kita.
Salam hangat untuk para faceboker sekalian ... !
M. Zuhri Ni’am
Insan_Inspirasi




« Previous
 
Next »
 

0 komentar:

Your comment / Tersedia Berbagai Jenis Rasa di Dinding Facebook

Komentar Anda Sangat Bermanfaat Bagi Khazanah Ilmu Pengetahuan