STAIN Pontianak Resmi jadi IAIN

Your comment You are on News Edit posts?

STAIN Pontianak Resmi jadi IAIN


Ket Photo: gambar dari Internet - stainpontianak.ac.id -
Font size: Decrease font 
PONTIANAK – Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Pontianak akhirnya berubah status menjadi Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak. Meningkatnya level sekolah yang berada di bawah naungan Kementerian Agama, seiring dengan keluarnya Peraturan Presiden No 53 tahun 2013 pada bulan lalu yang ditandatangani Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. “Kita sudah resmi menjadi IAIN. Presiden sudah mengeluarkan Perpres,” ujar Rektor IAIN Pontianak, Dr Hamka Siregar MAg, saat diwawancarai di sela-sela acara MoU beasiswa Bank Indonesia, kemarin (16/9).
 Disebutkan dia, dengan meningkatnya status tersebut, maka akan terjadi peningkatan kualitas kampus. “Sekarang kita tidak hanya melayani pendidikannya tidak sebatas pada sekolah tinggi dengan kajian akademis yang terbatas, tetapi sekarang dapat dilayani oleh IAIN yang bidang studinya lebih banyak dan bertambah luas,” ucapnya. Hamka juga berharap agar seluruh mahasiswa dapat memanfaatkan peningkatan status IAIN Pontianak ini dengan meningkatkan kualitas belajar dan kualitas moral.
 Seiring dengan peningkatan level tersebut, IAIN Pontianak sudah mendirikan beberapa fakultas yang sebelumnya hanya berstatus jurusan, seperti: Fakultas Tarbiyah, Faklutas Syariah dan Fakultas Dakwah. Namun dalam beberapa waktu ke depan IAIN Pontianak siap menambah satu fakultas baru lagi. “Kita ingin membuka Fakultas Ushuludin yang fokus pada tafsir agama. Karena Kalimantan Barat ini daerah yang heterogen, ada banyak agama dan keyakinan di sini,” ungkap dia.
Perubahan status tersebut juga harus membuat IAIN Pontianak harus menambah tenaga pengajar dan tenaga administrasi. “Kita sudah membuka lowongan untuk mencari dosen baru sebanyak tujuh orang. Selain itu kita juga membutuhkan tenaga laboran sebanyak dua orang,” sebutnya.IAIN Pontianak juga merencanaka untuk membangun gedung kampus baru di kawasan Batu Layang, Pontianak Utara. “Lokasinya di dekat Tugu Khatulistiwa, sesuai serah terima dengan Wali Kota beberapa waktu yang lalu. Ada sekitar 5 hektare luas area di sana. Mudah-mudahan lancar,” tukas Hamka.
Disebutkan dia, sebenarnya pihaknya ingin status STAIN berubah menjadi UIN. Namun belum dapat dipenuhi oleh pemerintah. Nama awal yang diajukan juga adalah IAIN Khatulistiwa. “Soal nama itu belum disetujui oleh direktur pendidikan. Jadi kita pakai nama IAIN Pontianak saja dulu,” imbuh dia.Perihal sosialisasi dan publikasi perubahan nama tersebut, Hamka mengatakan pihaknya sekarang belum akan menggaungkannya. “Kita masih menunggu dari Menteri Agama untuk seremoni peresmiannya. Nanti kalau sudah, akan kita gaungkan. Tapi sudah resmi kita menjadi IAIN. Akadnya sudah, tinggal pestanya yang belum,” pungkas dia. (ars)

Sumber : http://www.pontianakpost.com/metropolis/8554-stain-pontianak-resmi-jadi-iain.html
« Previous
 
Next »
 

0 komentar:

Your comment / STAIN Pontianak Resmi jadi IAIN

Komentar Anda Sangat Bermanfaat Bagi Khazanah Ilmu Pengetahuan