Kubu Raya Segera Miliki Rumah Sakit Umum Daerah

Your comment You are on News Edit posts?


Kubu Raya Segera Miliki Rumah Sakit Umum Daerah

Wacana pembangunan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) di Kecamatan Rasau Jaya, Kabupaten Kubu Raya memang sudah selayaknya dilaksanakan. Hal itu dinilai sangat penting karena Kabupaten Kubu Raya merupakan kabupaten yang memiliki wilayah sangat luas. Selain itu, letak beberapa kecamatan yang cukup jauh dari ibukota kabupaten pun menjadi indikator penting pembangunan rumah sakit di kabupaten tersebut. Letak rumah sakit yang ada sekarang tidak mendukung dari segi lokasi karena cukup jauh dari beberapa kecamatan seperti Kecamatan Batu Ampar, Kubu, Terentang, Teluk Pakedai, dan Rasau Jaya sehingga perlunya perhatian serius dari pemerintah daerah maupun pemerintah pusat.
Wacana pembangunan Rumah Sakit yang di wacanakan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Kubu Raya tersebut sudah mendapat lampu hijau dari kalangan legislatif. “Ketua Komis B DPRD Kab Kubu Raya, Suprapto mengatakan, Kabu Kubu Raya memang seharusnya sudah memiliki rumah sakit umum untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.” (Tribun Pontianak, Selasa 3/12/2013)

Alasan lain yang memperkuat mendesaknya pembangunan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kubu Raya adalah minimnya sarana dan prasarana kesehatan di beberapa kecamatan di Kabupaten Kubu Raya seperti kurang maskimalnya pemanfaatan puskesmas, puskesdes dan layanan kesehatan pedesaan lainnya. Belum lagi peralatan yang tersedia di puskesmas sangat terbatas dan mengkhawatirkan. RSUD dr. Sudarso yang menjadi rujukan juga sudah tidak layak untuk penambahan pasien dari berbagai daerah di Kalimantan Barat, akibatnya masyarakat harus mengantri ketika hendak berobat. Padahal berobat merupakan pekerjaan yang segera ditangani.
Wacana pembangunan RSUD tersebut harus segera ditindaklanjuti agara kepentingan masyarakat dapat terpenuhi. Dengan adanya Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) di Rasau Jaya, maka masyarakat tidak merasa khawatir lagi dengan perjalanan yang cukup jauh untuk berobat di rumah sakit. Kendati masih ada beberapa kecamatan yang dinilai cukup jauh dari kecamatan Rasau Jaya. Tetapi paling tidak pembangunan RSUD tersebut menjadi kabar gembira bagi beberapa kecamatan di sekitaran kecamatan Rasau Jaya. Semoga wacana tersebut segera ditindaklanjuti oleh pihak-pihak yang terkait agar apa yang menjadi tujuan bersama dapat tercapai.
M. ZUHRI NI’AM
Sekretaris Asrama Mahasiswa Kabupaten Kubu Raya
« Previous
 
Next »
 

0 komentar:

Your comment / Kubu Raya Segera Miliki Rumah Sakit Umum Daerah

Komentar Anda Sangat Bermanfaat Bagi Khazanah Ilmu Pengetahuan